Wamenkeu: Kemenkeu Satu, Tekad Bersatu Kontribusi Terbaik untuk Negeri

By Abdi Satria


nusakini.com-Jakarta-Program Kemenkeu Satu adalah suatu tekad dan cita-cita dari Kementerian Keuangan untuk bersatu, bersinergi dan berkolaborasi untuk memberikan kontribusi terbaik bagi kemajuan negeri. Hal ini diungkapkan oleh Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Suahasil Nazara dalam acara Peluncuran Program Sinergi Dukungan Pemberdayaan UMKM Nasional melalui Kementerian Keuangan Satu, di Aula GKN Palembang pada Jumat (18/03).

Wamenkeu mengatakan bahwa masing-masing unit eselon I di Kementerian Keuangan sebenarnya sudah memberikan dukungan berupa fasilitas atau kemudahan bagi UMKM, sesuai dengan tugas setiap unit tersebut. Namun, Wamenkeu berharap dukungan kepada UMKM bisa dilakukan lebih sinergis dan kolaboratif sehingga mampu memberikan dampak yang lebih besar lagi bagi pelaku UMKM.

“Nah, program ini yang kemudian kita lihat sebagai bagian dari Kemenkeu Satu yang harusnya bisa kita desain,” kata Wamenkeu.

Wamenkeu mengatakan bahwa program sinergi dukungan UMKM ini tidak hanya dilakukan lintas unit eselon I di Kementerian Keuangan saja, namun juga melibatkan Special Mission Vehicle (SMV) yang ada di bawah Kementerian Keuangan.

“Jadi Kemenkeu Satu adalah sinergi yang bukan saja sinergi birokrasi antar unit eselon I, tapi juga sinergi dengan SMV, dengan pemerintah daerah, dengan stakeholder, dengan asosiasi, dan dengan masyarakat,” lanjut Wamenkeu.

Kementerian Keuangan mendukung program pemberdayaan UMKM untuk membantu pelaku UMKM nasional secara lebih komprehensif, sehingga permasalahan yang dialami oleh UMKM dapat diselesaikan secara menyeluruh dan berkelanjutan.

Program ini mengusung tema ‘Sinergi Dukungan Pemberdayaan UMKM Nasional: Kementerian Keuangan Satu melalui Satu Data, Satu Sistem Kerja untuk Kemenkeu Satu yang Tepercaya’. Kegiatan diselenggarakan di Aula Gedung Keuangan Negara (GKN), Sumatera Selatan.

Adapun dukungan program ini melalui dua belas Unit Eselon I, delapan unit Badan Layanan Umum, dan lima unit SMV. Sebagian besar unit tersebut memiliki program pemberdayaan UMKM dengan peran dan karakteristik masing-masing. (rls)